KPT 8



Strategi Media
Proses Perencanaan Media 
      Kategori dan sarana media dipilih dengan tujuan membangun ekuitas jangka panjang suat merek. Perencanaan media meliputi proses penyusunan rencana penjadwalan yang menunjukkan bagaimana waktu dan ruang periklanan akan mencapai tujuan pemasaran. Perencanaan media meliputi koordinasi tiga tingkat perumusan strategi: strategi pemasaran, strategi periklanan, dan strategi media. Strategi pemasaran menyeluruh memberi tekanan dan arah pilihan pemasangan iklan serta strategi media. Strategi periklanan secara alamiah biasanya lebih luas dari keseluruhan strategi pemasaran.
Memilih Audiens Sasaran 
        Kegagalan untuk mengidentifikasikan audiens dengan tepat dapat menyebabkan hilangnya exposure yaitu, beberapa calon nonpembeli dihadapkan pada iklan-iklan sementara beberapa calon utama tidak. Empat faktor utama yang digunakan untuk mensegmentasi audiens sasaran dalam strategi media adalah: geografis, demografis, pemakaian produk, dan gaya hidup/psikografis.
Menentukan Tujuan Media 
Lima tujuan yang merupakan dasar perencanaan media:
  • Jangkauan : ini merepresentasikan jumlah pelanggan sasaran yang menerima pesan pemasang iklan satu kali atau lebih selama periode waktu empat minggu. Ada beberapa faktor yang menentukan jangkauan kampanya pemasangan iklan. Secara umum, jika suatu jadwal media menggunakan media ganda dan bukan media tunggal, maka lebih banyak orang yang akan dijangkau. Faktor kedua yang mempengaruhi jangkauan adalah jumlah dan keragaman sarana media yang digunakan. Ketiga, jangkauan dapat ditingkatkan dengan membedakan bagian-bagian hari yang digunakan untuk mengiklankan suatu merek.
  • Frekuensi : yakni para anggota audiens sasaran diekspos kepada sarana media yang termasuk dalam jadwal media tertentu.
  • Bobot : menentukan berapa bobot periklanan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan periklanan.
  • Kontinuitas : meliputi bagaimana periklanan dialokasikan selama ditayangkannya suatu kampanye periklanan.
  • Biaya

    Tradeoff, Tradeoff, Tradeoff 
               Perencanaan media tidak dapat secara serempak mengoptimalkan jangkauan, frekuensi, dan tujuan kontinuitas. Disini harus dibuat tradeoff karena para perencana media bekerja di bawah kendala anggaran periklanan tetap. Dengan demikian, mengoptimalkan satu tujuan menuntut pengorbanan tujuan lainnya.

    Perangkat Lunak Perencanaan Media
                Perencana media menghadapi tugas yang sulit untuk melakukan tradeoff yang tepat di antara tujuan-tujuan yang kadang-kadang bertentangan. Fungsi model media yang terkomputerisasi akan digambarkan dengan perangkat lunak ADplus. ADplus adalah suatu program komputer personal komprehensif yang memungkinkan pemakainya untuk mengevaluasi semua kategori dan subkategori media periklanan penting serta menemukan jadwal optimum berdasarkan pemilihan berbagai sarana dari satu media periklanan.   

    Situasi Pemasaran dan Tujuan Kampanye  
    Faktor-faktor penting yang menghambat pertumbuhan merek meliputi hal-hal berikut: 
                       - Pertumbuhan kategori yang lamban 
                       - Pertumbuhan produk abad baru 
                       - Sensitivitas harga dari kategori produk 
                       - Kurangnya perhatian/fokus 
                       - Distribusi yang tidak memadai  
                       - Pengeluaran yang lebih besar daripada para pesaing utama.
     Referensi : Shim,Tereance A., Penerjemah : Revyani Sjahrial S.E. dan Dyah Anikasari S.Sos, 2003, Periklanan Promosi : Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid II, Erlangga, Jakarta. Bab 14





      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar