KPT 12


Marketing Public Relations dan Sponsorship Marketing


            Bab ini membahas berbagai peran yang dijalankan oleh aspek-aspek PR dari program komunikasi pemasaran terintegrasi. Bab ini juga membahas  topik-topik yang berkaitan dengan cause dan event pemasaran sebagai bagian dari praktek yang lebih umum yang dikenal sebagai sponsorship marketing.




Marketing Public Relations
            Public Relations, merupakan kegiatan organisasi dalam mengatur googwill antara perusahaan dan berbagai kelompok masyarakat. Upaya PR ditujukan pada sejumlah pihak. PR berkaitan dengan semua organisasi public yang relevan. Sebagian besar kegiatan PR tidak hanya melibatkan pemasaran saja tetapi juga masalah saja tetapi juga masalah manajemen umum. MPR selanjutnya dapat dibagi lagi menjadi PR proaktif atau reaktif.
                MPR proaktif ditentukan oleh tujuan pemasaran perusahaan sehingga berorientasi ofensif ketimbang defensif serta mencari peluang ketimbang pemecahan masalah.
            MPR proaktif merupakan sarana untuk mengkomunikasikan keunggulan merek dan sering digunakan dalam periklanan, promosi, dan penjualan perorangan.
            MPR reaktif menggambarkan perilaku PR dalam merespons pengaruh dari luar. MPR reaktif berupaya untuk memperbaiki reputasi perusahaan, mencegah erosi pasar, dan merebut kembali penjualan yang hilang.

MPR PROAKTIF
            Publisitas adalah sarana MPR proaktif yang utama. Tujuan fundamental dan publisitas untuk meningkatkan ekuitas merek terbagi 2, yaitu :
1.      Melalui kesadaran merek
2.      Menambah citra merek melalui asosiasi  yang kuat dan menguntungkan dengan merek-merek dalam benak para konsumen.

Tiga bentuk publisitas yang sering digunakan dalam PR yang berorientasi pemasaran adalah:
  1. Product release
  2. Executive statement release
  3. Feature article

MPR REAKTIF
Perkembangan pasar yang tidak diantisipasi dapat membuat suatu perusahaan sangat memerlukan PR pemasaran yang reaktif. Kecacatan dan kegagalan produk merupakan faktor yang paling dramatasi yang mendasari akan kebutuhan akan MPR reaktif.
SPONSOR SHIP MARKETING
Sponsor ship meliputi 2 kegiatan utama, yaitu :
  1. Petukaran antar sponsor (seperti merek) dan pihak yang disponsori (seperti peristiwa olahraga) dimana pihak terakhir yang menerima fee dan pihak sponsor memperleh hakuntuk dikaitkan dengan kegiatan yang disponsori.
  2. Pemasaran asosiasi oleh sponsor.


Event Sponsorship
Event sponsorship adalah bentuk promosi merek yang mengikatsuatu merek dengan aktivitas pertandingan atletik, hiburan, kebudayaan, sosial, atau aktivitas publik yang menarik lainnya.

Memilih sponsor ship
Faktor –faktor khusus yang harus dipertimbangkan perusahaan ketika memilih  suatu event(evaluasi dalam bentuk pertanyaan)
  1. Apakah even konsisten dengan citra merek
  2. Apakah even tersebut menawarkan kemungkinan yang kuat menjangkau audiens sasaran yang diinginkan
  3. Apakah even tersebut secara geografis cocok
  4. Apaka even ini merupakan kompetisi yang telah disponsori sebelumnya dan apakah ada resiko dalam mensponsori even dianggap sebagai me tooistic dan membingungkan audiens sasaran terhadap  identitas sponsor
  5. Apakah even tersebut kusut
  6. Apakah even tersebut melengkapi sponsor ship yang sudah ada dan sesuai dengan program komunikasi pemasaran lainnya untuk merek
  7. Apakah even secara ekonomis dapat berjalan terus



Sumber :
Shim,Tereance A., Penerjemah : Revyani Sjahrial S.E. dan Dyah Anikasari S.Sos, 2003, Periklanan Promosi : Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid II, Erlangga, Jakarta.bab 19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar