3.1 Bentuk-bentuk debat
1. Debat Inggris
- Ada 2 kelompk yg berhadapan pro dan kontra
- Tentukan 2 juru pembicara dari masing kelompok
- Perkenalan tema dan tim
- Debat di mulai dg memberi kesempatan pd juru bicara salah satu tim,sesudah tim berbicara tiba para pendengar mengajukan pertanyaan.
- Dalam debat tertutup mengajukan pertanyaan hanya 1 kali, Isi nya harus padat dan berisi.
- Sesudah semua peserta berbicara, ke dua pembicara pertama dari setiap tim menyampaikan kata penutup.
- Moderator memempin pemungutan suara untuk menentukan pemenan.
- Dua regu, setiap tim menyiapkan tema melalui pengumpulan bahan secara teliti dan cermat.
- Debat mulai saat salah satu anggota tim membuka pembicaraan dg mengemukalan tesis dan dijawab oleh tim lawan.
- Anggota menjawab bergantian dg urut setelah mereka menjawab selesailah babak 1, dan dibukalah babak 2.
- Dibabak 2 orng pertama dari tim penyanggah membuka pembicaraan selanjutnya sama dg babak 1.
- Apabila anggota tim sudah mendapat 2 kali untuk bicara, maka debat dinyatakan selesai.
- Juri membuat penilaian dg beberapa rumusan sbgai juaranya dan hasil dijelaskan pd publik.
3.2 Patokan dalam berdebat
- Berkonsentrasi dan membataskan diri pd titik lemah pokok pikiran lawan.
- Boleh mengemukakan pembuktian bila alasan lawan tdk kuat
- Harus dpt membedakan kesalahan sopan santun dg kesalahan argumentatif yg menjebak.
- Menunjukkan dg jelas kekuatan dan kebenaran kita.
- Pikiran/ide tdk menentukan! Yg menentukan adalah tindakan
- Jika pembuktian lawan kuat, coba memaparkannya kembali tp dg memanipulasikan akibat-akibatnya.
- Skema mempertahankan posisi
- Menunjukkan titik tolak pendapat kita
- Mengemukakan dasar,alasan pendapat kita
- Membeberkan contoh konkret untuk memperkuat pembuktian
- Menarik kesimpulan
- Seruan untuk bertindak
- Menyajikan titik tolak
- Mengemukakan argumentasi
- Menguraikan kemungkinan argumentasi kontra
- Penjelasan argumentasi kontra secara lebih terinci
- Seruan untuk bertindak
3.4 Petunjuk-petunjuk teknis
1. Ragam pendengar
- Moderator hrs objektif, menguasai bahan yg didebatkan, krn bnyknya pendengar
2. Peran moderator
- Moderator hendaknya penuh tenggang rasa dan penuh pertimbangan.
3. Batas waktu
- waktu bicara hendaknya diatur dulu agar proses dan sasaran debat tidak terganggu
4. Kata penutup
- Pd akhir seluruh debat, wakil klompk menyampaikan kata penutup.
1. Ragam pendengar
- Moderator hrs objektif, menguasai bahan yg didebatkan, krn bnyknya pendengar
2. Peran moderator
- Moderator hendaknya penuh tenggang rasa dan penuh pertimbangan.
3. Batas waktu
- waktu bicara hendaknya diatur dulu agar proses dan sasaran debat tidak terganggu
4. Kata penutup
- Pd akhir seluruh debat, wakil klompk menyampaikan kata penutup.
3.5 Kegunaan debat
- Debat memiliki karakter pembinaan yg tinggi karena dapat melatih mnyiapkkan bahan dg teliti, berpikir rasional, merumuskan pikiran secara teliti dan tepat sasaran.
- Debat membina peserta untuk bicara singkat, padat dan mengesankan
- Debat menyadarkan pembicara tentang ketidak jelasan dala berpikir dan mengungkapkan pikiran.
Copy kampus materi bab 3 dialogika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar